Selasa, 29 Agustus 2017

Pulau Setan, Pulau kecil nan Elok di Pesisir Selatan SumBar





Beberapa waktu lalu gue jalan-jalan ke pulau kecil yang terletak Kota Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Gue pergi bareng segerombolan anak-anak dari sepupu-sepupu gue. Padahal rencananya cuma mau nyulik ponakan laki-laki gue yang paling besar buat anterin gue jalan-jalan. Dan hasilnya malah ikut semua. So nikmatin aja deh...

Gue pergi ke pulau yang emang nggak begitu terdengar di telinga para wisatawan. Apalagi kata penduduk setempat, tempat yang mau gue datangin ini baru tenar sekarang-sekarang aja karena ada beberapa turis luar negeri yang sering posting di media sosial miliki mereka. Jadilah banyak media yang ikut-ikutan meliput.


Sedih ya, punya wisata bagus harus di review sama bule dulu baru tenar!!!
Okay, skip aja deh! Gue mulai jelasin satu-satu nih..

Namanya pulau setan, usut punya usul awalnya pulau ini bernama pulau Sultan. Sayangnya, penduduk setempat nggak begitu lancar mengucapkan ‘Pulau Sultan’ sehingga berubah perubahan menjadi ‘Pulau Setan’.

Jadi, pulau ini sama sekali TIDAK seram guys, hanya namanya saja yang membuat persepsi orang-orang menjadi horor.

Pulau Setan termasuk pulau yang paling sering dikunjungi sama para wisatawan kerena memiliki suasana yang tenang, asri dan tempat yang nyaman untuk bermain air serta bagi mereka yang ingin memiliki waktu sendiri.


Pulau yang tidak terlalu luas ini juga menyuguhkan hamparan pasir putih serta terumbu karang yang dapat dilihat dengan mata telajang. Selain itu, beberapa penduduk lokal juga menyediakan jasa permainan yang dapat dinikmati seperti banana boat, rolling donut, snorkeling dan lain sebagainya.

Pulau setan terletak tidak jauh dari berbagai wisata lainnya seperti kawasan wisata Mande atau bukit Mandeh kata orang Minang. Serta ada juga pulau Pasumpahan, Pulau Pagang dan Pulau Cubadak yang menyediakan resort bagi turis-turis internasional.


Bahkan tidak jauh dari sana wisatawan bisa mencoba tebing untuk meloncat ke bawah laut. Permainan ini aman jika kalian bisa berenang di kedalam sekitar 5 meter. Sayangnya, gue cuma lihat bule-bule doank yang terjun bebas dan gue juga nggak bisa nyobain karena langsung di tatap tajam sama kakak-kakak sepupu gue waktu memohon buat nyobain loncat.
‘Takut bocah-bocah pada ikutan’ katanya
SEDIH…

Dan asyiknya lagi, di sebalah kanan tebing itu ada juga sebuah pantai yang membentang menyatukan satu pulau dengan yang pulau di seberangnya. Sayangnya cuma bisa dinikmati kalau air laut sedang surut aja. Kalau lagi pasang mah ya alamat cuma lihat laut dangkal. Kata bapak-bapak yang ngater gue waktu itu.

So good luck aja sih yang bisa lihat kaya gue.



Tapi sayangnya gue ga bisa main apalagi foto-foto. Perginya jalan-jalanya sekeluarga sih, parah banget nggak bisa mampir.

Btw..

Rute perjalanan ke Pulau setan bisa di tempuh dari Tempat Pelelangan Ikan carocok, Tarusan. Tinggal sewa satu perahu yang bisa muat lebih dari 20 orang dan bisa anterin kita sampai ke Pulau Setan dan berkeliling ke pulau-pulau yang ada disekitarnya.







Sekian dari gue, Tertarik untuk menjelajahi Pulau Setan? 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar