Senin, 30 Juli 2018

Pekan Mode dari JMFW 2018


Selalu ada perayaan mode yang diperuntukan untuk mereka para pecinta Fashion. Salah satunya adalah #JMFW atau Jakarta Modest Fashion Week yang berlangsung dari tanggal 26 – 29 July 2018 di Gandaria City, Jakarta Selatan. Selama empat hari, bukan hanya pergelaran busana yang dapat disaksikan tapi juga berbagai talk show yang disini oleh para ahli mode di seluruh penjuru dunia. Dan aku sebagai pencinta mode, penikmat seni dan sedikit berbagi cerita selama #JMFW berlangsung.

silviaofstory - JMFW


Beberapa hari sebelum acara fashion ini digelar, aku dapat undangan dari blogger crony untuk mewakili komunitas agar datang untuk menyaksikan acara ini berlangsung. So, aku mau aja datang tapi lihat-lihat dulu jam dan isi acaranya. Karena bagaimanapun juga, kewajibanku sebagai karyawan swasta yang kerja senin-jumat tidak mungkin di tinggal. Jadinya aku memilih untuk hadir di hari terakhir dan menyempatkan diri untuk datang sepulang kerja di hari pertama.


Datang di hari pertama ke sebuah perayaan mode dengan penampilan yang biasa aja sebenarnya bukan aku banget. Tapi karena acara ini diadakan cukup terbuka bagi pengunjung mall, aku pun santai-santai aja. Buktinya, dengan pakaian ala-ala kantor dan face yang ga fresh sama sekali nggak jadi masalah aku menghadiri acara malam itu. Ya walau kalah kece sama International Influencer yang hadir.


Yapp selama acara berlangsung, jangan heran kalau kalian yang juga hadir melihat para influencer dari macam negara, sebut saja dari Nederland, Austria, Paris bahkan benua tetangga kita yang paling dekat, Australia. Meraka datang bukan hanya sekadar sebagai tapi juga pengisi acara, membuka stand fashion mereka di sepanjang lorong Gandaria city dan pastinya ikut dalam parade busana. Jelas ini seperti apa ya, semacam peringatan sama orang-orang Indonesia.

Hi.. kita itu punya potensi untuk lebih maju, bagaimanapun kita punya populasi yang lebih besar, mayoritas muslim dan pastinya kita punya seni dan budaya yang kaya untuk mengolah setiap kain jadi baju yang Indah. Dan pasti Pemerintah sudah memberikan dukungan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat mode hijab dunia. Karena itu, dengan datangnya mereka-mereka yang hidup di Negara minoritas muslim dan menunjukkan perjuangan bahwa kita sebagai muslim berhijab dilirik oleh mode dunia.

Hijab bukan hanya pakaian kalau kata aku. Hijab is my life, my identity, my style and also hijab protect me.



silviaofstory - JMFW 9
silviaofstory - JMFW 1
 udah mirip 

model yang disebelahnya kan!!!


silviaofstory - JMFW 8

Mungkin JMFW terlihat mengkhususkan diri pada market muslim, tapi kalau dilihat lagi. Baju-baju itu tidak hanya bisa dipakai oleh mereka yang pakai hijab. Terlepas pakai atau tidak hijab baju-baju itu tetap terlihat keren dan bisa dipakai oleh siapa saja yang sesuai dengan gaya masing-masing. Ya,, kalau di kata mereka ingin promosi dan memperkenalkan lebel mereka di sini maka Indonesia adalah Negara yang punya potensial besar dalam penjualan.

Suasana Selama JMFW
Aku tidak akan membandingkan acara mode ini dengan cara mode lainnya yang sering aku hadiri. Karena JMFW ini termasuk ke dalam acara baru dan ini adalah tahun pertama mereka mengadakannya di Jakarta setelah London, Dubai dan Istanbul. Tentu sebagai acara yang baru dan berani mengundang banyak pengisi acara dari berbagai belahan dunia bukanlah perkara mudah. Dan aku akan memberikan sedikit apresiasi untuk Makamarie dan Think Fashion sudah menyelenggarakan pekan mode di Jakarta.

silviaofstory - JMFW 4


silviaofstory - JMFW 5


JMFW berlangsung selama jam mall buka, di sini kita bisa menyaksikan talk show di Piazza, melihat-lihat karya designer pada saat peragaan busana di Atrium dan berbelanja. Tentunya label-label dari Indonesia dan International ada disini, terhitung sekitar 18 desainer mancanegara Rusia, kanada, Australia, Turki, Jordan, Singapura, Malaysia, Austria UEA dan para designer tanah air. Mereka semua bergabung untuk memperkenalkan brand masing-masing.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini diikutsertakan oleh brand-brand Indonesia seperti Up2Date by Irna Mutiara, 2Madison Avenue, sofie, Medina Zein, Sayee dan high brand seperti Kami Idea, Etu dan Dian Pelangi yang muncul di hari terakhir.

silviaofstory - JMFW 3


silviaofstory - JMFW 2


Jadi, selain memperkenalkan design mereka dan ikut mengisi acara. JMFW juga menyediakan booth agar pengujung dapat melihat koleksi desainer lebih dekat dan pastinya dapat membawa pulang donk. Jadi, pas banget harinya di akhir pekan bisa sekalian belanja. Mereka yang tidak kenal brand-brand muslim pun juga ikut kenal karena acara ini.

Sayangnya, kemarin itu bukan jadwal aku belanja ya, jadi aku nggak bisa beli apa-apa. Masih ada janji sama diri sendiri, sebelum menyumbangkan beberapa helai pakaianku sama orang lain atau membuat lemari agak lenggang aku nggak boleh belanja. Berat shiiiin .

Okay, kenapa aku bilang berat, karena di sini kita bisa nemui koleksi para designer yang dipamerkan, jarang-jarang kita bisa dapat produk dalam negeri di Mall kan! Biasanya kalau mau beli barang-barang mereka ya kalau nggak ke butik kita beli Online dan kemarin itu jadi salah satu kesempatan langka bagi para penggemar fashion. Bahkan aku masih sempet-sempetnya lihat-lihat koleksi mereka ya walau nggak beli. So poor me.

silviaofstory - JMFW 6


silviaofstory - JMFW 6


btw, sampai sini dulu ya, 
And see you in next story, don’t forget to follow me in social media

xoxo 


Silvia 
😘


Instagram : @silviaofstory
Twitter : @SilviputriN
Facebook: silviputrin


Special thanks to @bloggercrony 

14 komentar:

  1. Aku seneng banget kalau liat acara fashion gini apalagi kemarin di JMFW aku sempet ngikutin talkshow dari beberapa founder komunitas yang mereka tuh keren2 dan menginspirasi banget.

    BalasHapus
  2. Belum kesempatan datang, padahal pengen banget liat. Seru pastinya ya mbak, sukseslah acaranya

    BalasHapus
  3. seneng baca postingan ini, pengen dateng ke jmfw tapi apa daya masih diluar kota pas acara skrg jadi bisa tahu cerita2 serunya... thanks for sharing slivi

    BalasHapus
  4. seru ih #JMFW2018, bisa liat koleksi2 desainer modest fashion lokal dan internasionl. udah gitu dapat banyak banget inside seputar fashion, fotografi dan influencer ya.

    BalasHapus
  5. Kemarin nggak sempat mau mampir ke Gancit buat liat acara ini. Hiks hiks...

    BalasHapus
  6. Klo Gue yg dateng ke sini. Pasti fokus nya bukan ke bajunya. Pasti model yg gue liat. Cuci mata. ��

    BalasHapus
  7. Tapi aku sediiiihhh. Kenapa baju-baju designer itu gak ada yang untuk orang mungil kayak aku. Hahaha. Bisa jadi peluang bisnis nih. Bikin baju khusus orang mungil.

    BalasHapus
  8. Kataku si buat acara baru apalagi model keliling dunia gini, JMFW udah cukup sukses. Influenceenya insternasyenel lho! Jarang banget acara fashion gini yang undang orang luar negeri buat jadi pembicara. Semoga aja ada kelanjutan yang positof untuk mendukung industri modest indonesia

    BalasHapus
  9. Acara seru pengen dateng kemarin tapi berhalangan karena nemenin anakku lomba. Semoga kalau ada acara kayak gini lagi aku bisa ikutan

    BalasHapus
  10. keren banget ini acaranya, padahal aku pengen banget loh dateng ke acara ini. Kalo ga waktunya yang bentrok pasti ada aja halangannya deh. Duh belum jodoh sama acaranya, semoga nanti kalo ada lagi aku bisa datang.

    BalasHapus
  11. Aaaah keren banget bisa datang ke JMFW. Aku ga sempat ke sana padahal tertarik dengan talkshownya.

    BalasHapus
  12. Aaaakkkkk... ada akunya, hahahhaaa... Aku suka banget ih lihat gayamu kak, stylish dan simple.

    BalasHapus
  13. Aku nggak bisa hadir ke acaranya kemarin karena ada acara. Padahal penasaran abis sama event-nya. Apalagi banyak yang model pakaian-nya agak hijab friendly ya.

    BalasHapus