Jumat, 09 Agustus 2019

Resep Dan Cara Mudah Membuat Cilok Yang Gurih Serta Bertekstur Kenyal


Hai Dear
Siapa disini yang suka makan Cilok?
Aya punya resep sederhanannya nih, bisa dicoba di dampur masing-masing. Dapur orang lain juga boleh sih, asal izin dulu ya. Hahaha



Btw, pada tahu nggak kalau makanan yang punya rasa gurih dan bertekstur kenyal ini merupakan cemilan khas Bandung. Karena rasanya yang mudah diterima oleh masyarakat Indonesia, cemilan satu ini jadi cukup popular dan mudah ditemukan. Bukan hanya di Bandung aja, di kota-kota besar seperti Jakarta juga bisa ditemukan di abang-abang pingir jalan. Tapi ya, daripada jajan di abang-abang yang belum tentu bersih lebih baik bikin sendirikan di rumah. Jadi, mari saya bagikan resep dan cara membuat cilok yang gurih serta bertekstur kenyal

  1. Cilok Goreng Yang Mantul (Mantap Betul)
Bahan – Bahan :
·         4 sendok makan tepung tapioka
·         6 sendok makan tepung terigu
·         Tepung panir secukupnya (untuk bagian luar)
·         1 siung bawang putih yang sudah dicincang
·         Garam serta kaldu bubuk secukupnya
·         1 butir telur
·         Air panas secukupnya
Cara Pembuatan :
·         Pertama-tama kumpulkan bahan yang telah disiapkan, serta wadah untuk adonan
·         Kemudian campur tepung tapioka, terigu, bawang putih cincang, kaldu bubu, garam dan air panas
·         Lalu aduk sedikit demi sedikit hingga adonan merata
·         Setelah itu mulai bentuk adonan cilok menjadi bentuk bulat-bulat
·         Kemudian balurkan cilok dengan tepung panir hingga rata
·         Setelah itu simpan adonan cilok tadi selama kurang lebih 10 menit di dalam freezer supaya tepung menyatu secara sempurna
·         Lalu setelah itu goring cimol hingga berwarna kecoklatan
·         Setelah itu angkat dan sajikan dengan saus sambal maupun sambal kacang

  
2.    Cilok Goang
Bahan – Bahan :
·         ¼ gram tepung kanji
·         ¼ gram tepung tapioka
·         Air panas secukupnya
·         Garam, gula dan vetsin secukupnya
·         Bawang merah dan bawang putih
·         Cabai rawit merah sesuai selera
·         Minyak secukupnya
·         Kencur secukupnya
·         Penyedap rasa sesuai selera
·         1 buah jeruk purut
Cara pembuatan :
·         Pertama-tama rebus cilok hingga matang
·         Lalu tumbuk bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan kencur hingga halus, lalu tumis
·         Kemudian beri air secukupnya dan masukkan cilok yang sudah matang
·         Lalu tuang saus sambal sesuai dengan selera pedas
·         Setelah itu masukkan bumbu-bumbu yang telah disiapkan dan jeruk purut
·         Lalu cicipi hingga kuah telah berasa sempurna
·         Jika sudah, angkat serta hidangkan


3.    Cilok Daging
Bahan – Bahan :
·         100 gram tepung tapioka
·         100 gram tepung terigu
·         100 gram daging giling
·         2 siung bawang putih
·         ½ sendok teh gula pasir
·         ½ sendok the garam
·         Air panas secukupnya
Cara Pembuatan :
·         Pertama-tama campur tepung terigu, bawang putih, gula dan garam. Lalu tambahkan air panas hingga halus dan merata
·         Lalu aduk adonan sembari menambahkan tepung tapioka. Terus aduk hingga menyatu dengan sempurna
·         Jika sudah menyatu, ambil adonan cilok secukupnya dan buat menjadi bentuk bulat
·         Kemudian isi daging cincang yang telah matang sesuai selera
·         Setelah itu rebus adonan yang berisi daging hingga matang
·         Jika sudah mengambang, angkat dan sajikan
Selamat mencoba, jangan lupa bagi-bagi ya.. Biar makannya nggak sendirian.

See in the other story.
XoXo


Silvia
Instagram : @silviaofstory
Twitter : @SilviputriN
Facebook: silviputrin

20 komentar:

  1. Aq suka banget cilok tp gak pernah bikin sendiri,krn gak bisa masak2 jadi dikantor sama dirumah udah punya abang langganan jd kalo lagi pengen tinggal beli aja deh.

    BalasHapus
  2. Nyaam nyaaam, jadi lapar nih Mbak.
    Disini juga udah mulai banyak Abang-abang yg jualan cilok, biasanya banyak nongkronh di sekolah-sekolah.

    BalasHapus
  3. Huhuhu asli rindu Bandung dengan segala isinya. Liat tekstur cilok buatan kakak enak bener kenyalnya itu

    BalasHapus
  4. terima kasih mbak resepnya, sudah ku simpan, tapi krn aku orangnya ga sabaran jadi aku beli aja di sekolahan esde deket rumahku beli ini hahaha

    BalasHapus
  5. Ya Allah aku ngiler lihat foto cilok goangnya, mbak mau ya resepnya. Kapan-kapan mau coba ah.

    BalasHapus
  6. catet akh resep cilok-nya ... bikin camilan dirumah enak sore-sore makan cilok sama teh hangat, hmm ... yummy

    BalasHapus
  7. Kalau digoreng gitu rasanya jadi kayak cireng, gak? Biasanya saya jarang suka cilok. Paling sesekali aja saya makan. Tergantung sausnya enak atau enggak

    BalasHapus
  8. Wah tahu mbak silvi pinter bikin cilok mirip yak pas acara kemarin, biar bisa icip-icip haha. Daku penasaran yang cilik goreng pakai panir, belum pernah soalnya

    BalasHapus
  9. Cilok ini salah satu makanan kesukaan juga nih, aku suka beli sama temanku yang bikin Cilok di Bandung. Asik nih dapat resepnya dari Silvi jadi bisa praktek dirumah.

    BalasHapus
  10. Aduuh ngiler. Saya seringnya bikin cilok goyang, kalo yg pake tepung panir blm pernah

    BalasHapus
  11. Saya juga penikmat cilok selama ini hanya makan dan beli aja. Setelah baca ini jadi tahu resep buatnya. Ada cilok goang juga, ini cilok berlian, kan, ya?

    BalasHapus
  12. kebetulan kemarin aku juga baru abis bikin ini, mudah banget ternyata hehe akhirnya bikin banyak deh buat stok

    BalasHapus
  13. Wah lengkap juga nih Ada resep cilok goreng Sampe cilok gaung dan cilok daging. Boleh juga nih nyoba bikin buat cemilan di rumah. Thank you yaaaa mbak

    BalasHapus
  14. Ayeyyy, ini resepnya membantu sekali. Coba ahhhh. Trs mba

    BalasHapus
  15. Eh, ternyata ga susya bikinnya yaa..
    Cilok kuah ini enak banget dinikmati saat Bandung sedang berangin begini.
    Eww~
    Tiris pissan di luar rumah.

    BalasHapus
  16. Disini juga udah mulai banyak yg jualan cilok. Sambal kacang itu emang teman yg pas ya dengan cilok ini. Makasih resepnya ya Mbak, kapan2 pengen buat sendiri juga ah. :)

    BalasHapus
  17. Aku pernah coba bikin cilik rebus tapi kurang tasty huhu. Bolehlah dicoba resepnya kak. Semogaa cilokki berhasil, haha.

    BalasHapus
  18. Anakku suka banget sama yang namanya cilok, hampir setiap hari pasti beli cilok di abang-abang yang mangkal dipinggir jalan. Tapi kita kalau beli itu gak tahu ya mba, apakah bahan-bahannya masih bagus atau tidak. Aku jadi pengin buat cilok pakai resepmu, kayanya tidak terlalu sulit:)

    BalasHapus
  19. Wah pas banget nih ada banyak stok tepung tapioka di rumah. Bisa dicoba resepnya

    BalasHapus
  20. penasaran pengen masak cilok goang, coba ah :D

    BalasHapus

Maaf, Bagi yang meninggalkan jejak dengan link akan saya hapus. Terima Kasih