Kamis, 12 September 2019

Cek KLIK dan Pintar-Pintar Berbelanja


Siapa sih yang nggak suka belanja?

Apalagi perempuan, semuanya pasti suka belanja. Mau itu belanjaan pokok seperti kebutuhan sehari-hari atau bahkan belanja hal-hal yang sebenarnya belum tentu dibutuhkan dalam waktu dekat. Tapi hai.. yang namanya belanja memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan ini kok, karena kita butuh makan, berpakaian, pergi kesana-kemari bahkan tempat tinggal. Dan semuanya bisa dipenuhi dengan berbelanja.



Akan tetapi ya..
Belanja itu juga harus pintar, jangan sampai belanjaan yang dibelanjakan sebenarnya tidak terlalu penting atau bahkan sudah tidak bagus lagi untuk dikonsumsi. Karena itu, sangat penting untuk pintar dalam berbelanja, agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. And I want to share about KLIK here, dear…
Let’s read


Apa sih KLIK ?
Beberapa hari lalu, saya diundang sama Badan Pengawasan Obat dan Makanan di Kemang Village. Mereka sedang melakukan sosialisasi agar masyarakat lebih teliti dalam hal berbelanja obat dan bahan makanan. Acara yang dipandu oleh presenter Ananda Omesh dan dihadiri oleh sejumlah nama seperti DR. IR. Penny K. Lukito, MCP, Kepala Badan POM RI, Tulus Abadi, Ketua YLKI, Ojak S. Manurung, SE, M, Kementerian Perdagangan, Fathurrahman, ST, Aprindo dan tidak ketinggalan dengan Womenpreneur dan Selebriti, Ussy Sulistiawaty.



Bincang-bincang yang berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam ini memberikan banyak informasi baru bagi saya dan temen-teman blogger lainnya, bahkan para pengunjung mall. Bahwa sebenarnya, pada saat berbelanja sangat penting untuk pastikan barang dengan Cek KLIK. Cek KLIK adalah singkatan dari Cek Kemasan, Cek Lebel, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluwarsa. Dimana sebagai konsumen, harus pintar dalam membeli barang-barang seperti obat Tradisional ataupun Modern, bahan-bahan masakan, sampai makanan kemasan. Wajib sekali untuk mengingat keempat hal tersebut agar terhindar dari barang-barang yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Sayangnya, sampai sekarang tidak banyak orang-orang yang paham bagaimana caranya #BelanjaAman. Memperhatikan kemasan bahkan tanggal kedaluwarsa-nya. Padahal hal tersebut cukup penting agar barang yang dibeli tidak masuk ke dalam kategori barang yang tidak layak untuk dikonsumsi. Parah jika yang dibeli adalah obat-obatan. Yang seharusnya mengobati saat sakit malah membuat tubuh semakin sakit karena tidak memperhatikan Cek KLIK seperti yang saya sebutkan diatas. Maka dari itu sebagai konsumen memang harus pintar-pintar dalam berbelanja.

Bahkan, jika masih ragu dengan obat atau makanan yang dibeli, bisa langsung dicek di aplikasi BPOM yaitu BPOM Mobile.


























BPOM Mobile
BPOM Mobile adalah aplikasi yang bisa diunduh di Apple Store maupun di Play Store. Kegunaannya sendiri agar sebagai konsumen bisa memastikan apakah obat ataupun makanan yang dibeli sudah terdaftar di BPOM atau belum. Caranya-pun mudah, setelah diunduh, tinggal scan barang yang akan dibeli dan jenis barang yang sudah discan akan muncul segala bentuk informasi penting yang dibutuhkan. Sehingga meminimalisir kesalahan dalam membeli hal-hal yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh konsumen. Btw aplikasi ini gratis kok, jadi siapa saja bisa unduh.


Nah, kayanya saya udah ada di ujung cerita deh. Sampai sini dulu ya infonya. Kalau-kalau kurang jelas bisa cek di social media-nya BPOM atau tinggalkan pesan di kolom komentar *tetep ya butuh komen* hahaha

See in the other story.
XoXo

Silvia


Instagram : @silviaofstory
Twitter : @SilviputriN
Facebook: silviputrin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf, Bagi yang meninggalkan jejak dengan link akan saya hapus. Terima Kasih