Sabtu, 19 September 2020

Cantik Instan ala Kristal Merkuri, Yakin Aman?

 Dear Readers,

Pandemik ini membuat kita menjadi lebih sering mengikuti seminar walaupun seminarnya harus secara online. Saya pun juga begitu dan seminar terakhir yang saya ikuti berjudul Stop Kosmetik Bermerkuri. Wah ada apa nih, kosmetik dan merkuri? Masalah lama yang diangkat kembali. Apakah ini berhubungan dengan Stereotype kalau wajah putih itu mencerminkan wanita cantik?

Putih bermerkuri

Saya kadang merasabingung kenapa ada wanita yang wajahnya putih tapi leher dan tangannya jauh lebih gelap dari wajahnya. Seperti menempelkan bedak bayi satu botol ke wajah. Dan herannya mereka pede dengan perbedaan tersebut, merasa cantik dan trend center karena banyak yang lihat. Padahal bisa jadi yang lihat bukan mengagumi tapi menyindir pelan-pelan.

Memiliki wajah putih seperti artis-arti Hollywood dan Asia Timur menjadi mimpi beberapa wanita Indonesia. Padahal bule-bule itu menginginkan warna kulit yang lebih gelap dibandingkan warna kulit mereka yaitu putih. Dan wajah putih belum tentu cantik, cantik tidak bisa diukur dengan warna kulit. Stereotype seperti itu yang seharusnya bisa dihilangkan. Mengubah pemikiran banyak orang bahwa cantik tidak harus selalu putih atau wanita yang menarik memiliki wajah putih, rambut ikal dan berwarna coklat atau pirang.  Definisi cantik lebih luas dari pada gambaran-gambaran itu. 

Karena stereotype bahwa wanita yang memiliki wajah putih adalah wanita cantik, sering kali ditemukannya kasus produk kosmetik mengandung merkuri. Zat merkuri di dalam kosmetik berfungsi untuk memperputih kulit wajah secara insatan, dalam hitungan minggu maka wajah hitam gelap bisa menjadi putih dalam sekejap. Dan hampir sebagian masyarakat tidak sadar bahwa zat yang terkandung didalam produk kosmetik mereka berbahaya untuk dikonsumsi. Berbahaya yang bukan hanya pada kulit saja tapi juga beberapa oran tubuh lainnya.

Merkuri atau raksa atau cairan logam perak biasanya merupakan zat yang bermanfaat untuk kesehatan yaitu pembentukan amalgam gigi dan semprotan fungsida. Sedangkan bagi kosmetik seharusnya merkuri hanya digunakan sebagai tambahan unsur produk pembersih wajah dan haruslah merkuri organic bukan yang anorganik. Akan tetapi, banyak produsen kosmetik yang memanfaatkanya sebagai bahan utama untuk memutihkan wajah dan yang digunakan adalah Merkuri anorganik.

Cantik Instan ala Kristal Mercuri



Jika kamu berniat untuk memiliki wajah putih dengan cepat, saya sarankan cari produk yang tidak memiliki penjelasan apapun, murah dan pastinya mengklim bahwa produk tersebut dapat memutihkan wajah dalam waktu beberapa hari saja. Saya rasa, dalam waktu singkat wajah kamu akan jadi putih sekrisal merkuri yang biasanya terdapat di pertambangan dan berbatuan dengan efek wajah jadi mudah sensitive gatal, merah-merah, panas dan lain-lain. Selain itu, jangan kaget jika suatu saat dinyatakan bahwa kamu memiliki penyakit berbahay seperti kanker kuli ataupun gagal ginjal.

Ya..

Merkuri bekerja dengan sangat baik di tubuh. Jika kamu masih menginkan putih instan makan gunakan produk bermerkuri dengan efek-efeknya. Masih mau?

Karena itu, ada baiknya membeli kosmetik haruslah dengan penjelasan yang sejelas-jelasnya. Kamu haruslah melihat bahwa kosmetik yang akan dibeli memiliki penjelasan seperti cara penggunaan, kandungan yang terdapat didalam produk sampai tanggal kadaluwarsa. Selain itu, pastikan kandungan yang tertera aman serta memiliki lebel sah dari badan POM. Badan POM bukan hanya bertugas untuk melihat bahwa makanan atau cemilan yang dibeli bebas di pasar aman untuk dikonsumsi tapi juga kosmetik yang digunakan sehari-hari. 

Jika kamu menduga Kosmetik yang digunakan atau dibeli mengandung merkuri segera laporkan ke Badan POM atau lihat di aplikasi Badan POM. Penambahan Merkuri pada kosmetik sudah dilarang sesuai dengan peraturan Badan POM No.23 tahun 2019 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetik. Kalau bukan diri sendiri yang sadar tentang produk-produk yang digunakan maka bahayanya juga hanya akan menyusahkan diri sendiri.

Jika merasa bingung apakah produk yang dibeli termasuk produk bagus, kamu bisa lihat berbagai review dari orang lain seperti teman dan opinion leader. Membaca blog atau menonon YouTube tentang make up ataupun skin care. Bukankah akan lebih aman jika ada seseorang yang dipercaya sudah menggunakannya dan merekomendasikannya untuk kamu.

Selain itu, warna kulit wanita Indonesia atau masyarakat di Asia Tenggara sudah sangat cocok dengan iklimnya, tropis. Bayangkan jika kita semua memiliki kulit seputih orang-orang di eropa atau Asia Timur, saya rasa angka penderita kanker kulit di negera ini menjadi angka tertinggi di dunia.

Instagram : @silviaofstory
Twitter : @SilviputriN
Facebook: silviputrin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf, Bagi yang meninggalkan jejak dengan link akan saya hapus. Terima Kasih